Home » » MANOHARA

MANOHARA

Buku Unik berjudul “Latree Manohara.”
Oleh: Dwicipta

Tiba-tiba aku menemukan sebuah buku berjudul unik: “Latree Manohara.” Kisah yang melatarbelakangi penemuan buku itu sebenarnya tak begitu istimewa. Setelah lebih dari sepuluh tahun tinggal di Yogyakarta, di akhir bulan November 2008 aku memutuskan untuk pulang ke kota kelahiranku di tepi pantai utara Jawa Tengah. Semula aku berkeinginan untuk menjauhkan diri dari dunia ramai, mencurahkan sebagian pikiranku pada impian yang telah kupupuk sejak kecil dan mencurahkan sebagian pikiranku yang lain pada orang tua dan adikku semata wayang. Setiap dua minggu atau satu bulan sekali aku pergi ke Semarang yang berjarak 3 jam perjalanan dari kotaku, mencari obat penawar dari penyakit kesunyian yang menghinggapiku sejak tinggal di kota kelahiranku. Di kota itulah pertamakali aku menemukan buku berjudul “Latree Manohara,” dengan sampul bergambar wajah seorang perempuan. Aku mendapatkannya dari seorang teman baik hati di salah satu warung di areal bangunan Taman Budaya Raden Saleh. Dengan senyum simpulnya yang misterius, temanku itu berkata bahwa buku itu mungkin menarik untuk dibaca.
“Aku menyukainya. Di tengah arus besar buku-buku yang berkualitas rendah tapi dipenuhi dengan kata-kata bombastis di belakang sampul, ia bisa menjadi bacaan alternatif. Kalau sudah kau baca, kita bisa mendikusikannya,” ujarnya diiringi tawa tawa lebar.
“Memang agak aneh.  Di sampul belakang buku tidak ada kata-kata bombastis.”
“Ya. Nampaknya sang penulis tak berminat dengan bombasme yang hanya mengerek dirinya ke ruang hampa.”
“Atau ia memang berkeinginan menjadi dirinya sendiri. Dan menikmati aktifitas menulis sebagai sebuah output dari cara pembacaannya terhadap dunia yang ada di sekitarnya.
“Oke, kita lihat saja nanti setelah aku membaca isi buku ini,” kataku sambil tertawa terkekeh.
***
Buku yang kutemukan di Semarang itu berkisah tentang seorang perempuan yang memiliki kebiasaan menulis untuk dirinya sendiri.

0 komentar:

Posting Komentar

Chit-Chat

Find Us on Facebook

Diberdayakan oleh Blogger.