Home » » Manfaat Tempurung Kelapa dan Potensi Bisnisnya

Manfaat Tempurung Kelapa dan Potensi Bisnisnya

Beberapa manfaat tempurung kelapa yang memiliki nilai ekonomi tinggi, antara lain: aneka kerajinan produk-produk kreatif, sumber energi, dan olahan makanan. Kesemuanya memiliki potensi bisnis yang tinggi dan bisa menjadi sumber pencetak uang. Apalagi daya dukung untuk keperluan ini sudah tersedia di bumi nusantara. Misalnya saja, pohon kelapa yang pasti ada di setiap wilayah Indonesia dan beroperasinya industri pengolahan buah kelapa yang tersebar merata di berbagai daerah. Tempurung atau batok kelapa yang dilabeli sebagai limbah dari industri pengolahan buah kelapa sudah pasti tersedia secara kontinyu.
Potensi yang besar seperti ini tentu tak boleh disia-siakan begitu saja. Batok kelapa yang bernilai ekonomi rendah tersebut bisa diolah lebih lanjut menjadi produk-produk bernilai ekonomi tinggi. Dengan tangan-tangan kreatif, batok kelapa bisa dibuat aneka kerajinan seperti aneka peralatan dapur, hiasan dinding, gantungan kunci, kap lampu, dll. Batok kelapa yang dibakar menjadi aran bisa menjadi sumber energi seperti layaknya arang kayu dan batu bara. Masakan yang diolah menggunakan arang batok kelapa terbukti memiliki aroma khas pada makanan sekaligus melezatkannya.

Tempurung kelapa yang diolah menjadi arang, memiliki kemampuan menyerap logam-logam terlarut yang sangat bagus. Ini sangat bagus untuk diterapkan di industri-industri yang memiliki limbah cair untuk menetralisir dari senyawa-senyawa logam yang berbahaya seperti timbale (Pb), besi (Fe), dan tembaga (Cu). Pada instalasi penjernihan air untuk kolam, arang batok kelapa terbukti efektif menjernihkan air sekaligus memperbaiki sifat fisika, biologi, dan kimiawi air. Bahkan hasil air filterisasi yang memakai arang ini pun memenuhi standar kesehatan sehingga layak dikonsumsi.
Batok kelapa yang dibakar dan asapnya dibuat menjadi cairan bisa dimanfaatkan sebagai zat pengawet untuk daging dan ikan. Dengan cara teknik tradisional, di atas asap pembakaran batok kelapa ditempatkan daging atau ikan. Hasilnya ikan atau daging asap yang mampu bertahan berbulan-bulan. Dengan teknik modern, asap hasil pembakaran  batok kelapa bisa dibuat dalam bentuk cairan minyak. Cara pemakaiannya mudah karena tinggal mengoleskan cairan asap ke daging atau ikan.
Potensi bisnis tempurung kelapa
1.      Aneka produk kreatif kerajinan
Bisnis produk kreatif kerajinan berbahan dasar batok kelapa berpotensi meraup laba tinggi. Pasalnya, nilai jualnya sangat tinggi dibandingkan dengan nilai asal bahan bakunya. Dari onggokan satu kilogram batok kelapa yang harganya Cuma 800-1.000 Rupiah bisa dihasilkan aneka kerajinan seperti gantungan kunci senilai 100 ribu Rupiah. Tergantung produk kerajinan yang akan dihasilkan, nilanya bisa lebih dari itu.
Market yang disasar juga luas, masyarakat umum. Misalnya saja, untuk souvenir pernikahan yang dibagi-bagikan ke para tamu undangan. Aneka hiasan perabotan dalam rumah, untuk menyasar market rumah tangga. Aneka mainan tradisional bertema edukasi yang menyasar market anak-anak pelajar. Aneka produk kerajinan berbahan dasar batok kelapa juga menyasar pasar luar negeri karena banyak diminati oleh konsumen luar negeri.
2.      Arang batok kelapa
Arang batok atau tempurung kelapa dibuat dengan metode pembakaran tak sempurna. Arang ini memiliki kandungan energi yang tinggi sehingga sangat bagus untuk memasak berbagai aneka masakan karena bisa menguatkan aroma dan menambah kelezatan suatu masakan. Arang ini bisa diolah kembali menjadi bentuk briket yang disebut briket batok kelapa. Konsumen yang disasar mulai dari skala rumah tangga, rumah makan, restoran, sampai dengan hotel. Selain diolah menjadi briket bisa juga dibuat dalam bentuk pasta dan dipadatkan sebagai elemen baterai.
3.      Pengawet bahan makanan
Asap yang dihasilkan dari pembakaran batok kelapa bisa mengawetkan daging dan ikan. Asap ini bisa dibuat dalam bentuk cairan. Cairan ini banyak dibutuhkan oleh industri-industri pengawetan makanan berbahan baku daging dan ikan. Kualitas daging dan ikan yang diawetkan dengan cara ini bernilai tinggi sehingga banyak disukai oleh para konsumen. Tambahan lagi, aman dikonsumsi dan tak mengandung zat-zat berbahaya bagi tubuh.
Banyak sekali manfaat yang diperoleh dari tempurung kelapa. Dari semula yang tampak tak bernilai menjadi sesuatu yang bernilai tinggi. Dengan mengekplorasi ide, kemampuan, ketrampilan, dan niat sungguh-sungguh, banyak peluang bisnis tercipta dari limbah buah kelapa ini. Banyak kisah sukses pengusaha yang menekuni bisnis berbahan dasar batok kelapa ini. Beberapa pengusaha sukses merambah pasar luar negeri sehingga berhasil mencuri perhatian buyer kelas kakap.

Potensi bisnis berbahan dasar tempurung kelapa akan terus tumbuh dan berkembang. Ia tak akan pernah lekang oleh waktu karena buah kelapa termasuk kebutuahn dasar manusia. Pohon kelapa selamanya akan dibutuhkan oleh umat manusia untuk berbagai kebutuhan dan keperluan. Dari kebutuhan primer seperti pangan dan papan. Jadi, menekuni bisnis berbahan dasar tempurung kelapa akan terjamin kontinyuitas dan keberlanjutan usaha dari waktu ke waktu. Tinggal bagaimana Anda mengelola dan memanajemen bisnis itu sendiri.

0 komentar:

Posting Komentar

Chit-Chat

Find Us on Facebook

Diberdayakan oleh Blogger.