Home » » Cara Membuat Arang Tempurung Kelapa dan Potensinya

Cara Membuat Arang Tempurung Kelapa dan Potensinya

Untuk menghasilkan arang tempurung kelapa berkualitas tinggi, harus dilakukan dengan teknik dan prosedur yang benar. Kadar air rendah, kandungan minyak terbang masih tinggi, daya ikat karbon juga tinggi merupakan arang berkualitas tinggi yang banyak dibutuhkan oleh berbagai industri. Arang seperti ini akan menghasilkan energi yang tinggi selama pembakaran berlangsung. Potensi produk turunan arang yang bernilai ekonomi tinggi, antara lain: briket dan bubuk karbon. Permintaan arang itu sendiri terbilang besar dan kontinyu oleh berbagai industri, mulai dari industri pengolahan makanan, pengolahan air bersih, sistem filterisasi air pada kolam koi, industri baterai kering, industri kosmetik, dll.
Cara membuat arang tempurung
kelapa itu sendiri tergolong mudah dan siapapun bisa melakukannya. Asalkan tersedia batok kelapa di sekitar Anda dan lokasi pembuatan agak jauh dari permukiman penduduk. Pasalnya, asap selama proses pembakaran tak sempurna terkadang sulit diprediksi arahnya walau sudah memakai cerobong asap.
Cara membuat
Alat yang dipersiapkan yaitu drum berkapasitas 200 liter. Supaya bisa menghasilkan arang berkualitas tinggi, drum ini perlu dimodifikasi. Drum dibagi menjadi 4 bagian:
1.      bagian bawah dibuat terbuka,
2.      bagian atasnya terutup, tapi bisa dibuka.
3.      bagian cerobong, dan
4.      lubang-lubang udara di badan drum.
Untuk bagian cerobong, buat lubang berdiameter 10 cm di bagian atas drum yang tertutup. Pasangkan cerobong setinggi 30 cm pada lubang tersebut. Bahan untuk membuat cerobong ini bisa dari seng, aluminum, atau bahan-bahan logam lainnya. Untuk bagian tubuh drum, buat 3 lubang yang dibuat berbaris mengelilingi drum. Tiap baris terdiri dari 4 lubang yang berdiameter 13 mm. Jarak antar baris dibuat sepanjang 30 cm.
Setelah alat pembakaran arang tempurung kelapa telah siap, saatnya mulai membakar bahan bakunya, yaitu batok kelapa. Masukkan batok kelapa ke dalam drum, lalu dimulai pembakaran, buka semua lubang-lubang yang ada di badan drum, tutup bagian atasnya, biarkan sampai membara, tapi tidak sampai timbul api. Asap akan keluar melalui cerobong asap selama pembakaran berlangsung. Biarkan proses pendinginan berlangsung secara alami. Jangan sekali-kali memadamkan bara api dengan air karena akan menghasilkan arang yang tak matang atau cacat. Setelah pendinginan selesai, keesokannya dibongkar dan hasilnya berupa arang yang hitam legam.
Potensi briket arang tempurung kelapa
Arang ini sudah bernilai ekonomi tinggi. Permintaan sudah tinggi untuk kebutuhan berbagai industri. Misalnya saja dibuat briket arang batok kelapa. Permintaan briket ini terbilang tinggi karena panas yang dikeluarkan dari briket merata dan memberikan aroma yang khas pada masakan. Selain itu rasa masakan dari hasil pembakaran arang juga lebih sedap bila dibandingkan dari kompor gas. Ini yang menjadi kelebihan dari briket arang. Kelebihan lainnya, untuk menghidupkannya lebih mudah dibandingkan dengan arang kayu bakar. Kalori yang dikeluarkan dari arang batok kelapa tertinggi dibandingkan dengan energi yang keluar dari kayu. Harganya ternyata jauh lebih tinggi dibandingkan dengan briket batu bara.
Untuk membuat briket arang tempurung kelapa terbilang mudah. Arang ditumbuk sampai halus, lalu dicampurkan dengan kanji, lalu masukkan ke alat pencetak. Setelah tercetak, lakukan pengeringan sampai kadar air terendah. Bentuk briket pada umumnya berupa silinder yang bagian tengahnya berlubang. Ukuran dibuat standar sehingga bisa dibakar menggunakan kompor jenis apa saja. Harga briket di pasaran berkisar Rp 10.000 sampai dengan Rp 13.000 per kilogram.
Potensi arang tempurung kelapa dalam filterisasi
Di daerah yang airnya keruh, memiliki alat penjernih air atau sistem filterisasi mutlak diperlukan. Air keruh yang tercemar partikel-partikel tanah ini bisa dijernihkan dan diolah dengan sistem filterisasi yang hasilnya berupa air layak konsumsi. Asalkan, air tersebut bukan berasal dari limbah pabrik, limbah rumah tangga deterjen yang jelas-jelas sudah berubah total sifat alaminya.
Arang tempurung kelapa dibutuhkan juga dalam sistem filterisasi di kolam-kolam koi, kolam-kolam tambak untuk menjernihkan sekaligus mengikat gas-gas ammonia, senyawa-senyawa logam. Senyawa-senyawa tersebut nanti dinetralkan sebagian bekerja sama dengan bakteri nitrit, sebagian lainnya dibebaskan ke udara melalu sistem mekanis yang ada di dalam alat filterisasi. Untuk kolam-kolam breeding baik ikan konsumsi dan ikan hias memerlukan sistem filterisasi yang bagus. Salah satu komponen yang dibutuhkan yaitu arang batok kelapa ini.
Kemampuan menyerap zat-zat aktif berbahaya dan senyawa-senyawa logam ini dilirik oleh industri kosmetik untuk menyempurnakan produk-produk kecantikan mereka. Terapi kecantikan dan kesehatan tubuh memakai bubuk arang batok kelapa sebagai campuran ramuan kosmetik. Biasanya dibuat dalam bentuk pasta. Arang juga mengandung mineral yang dibutuhkan untuk kesehatan kulit.

Dengan segala potensi yang ada pada arang tempurung kelapa di atas, ini adalah peluang emas sebagai bisnis. Apalagi ketersediaan bahan baku begitu melimpah di nusantara ini. Tinggal bagaimana kita jeli mengambil peluangnya.

0 komentar:

Posting Komentar

Chit-Chat

Find Us on Facebook

Diberdayakan oleh Blogger.