Home » » Arang Tempurung

Arang Tempurung

Arang tempurung kelapa merupakan salah satu produk yang terbuat dari tempurung kelapa. Arang tempurung kelapa ini merupakan bahan baku untuk pembuatan briket arang tempurung kelapa yang pada proses selanjutnya akan dapat diolah menjadi arang aktif. Jadi briket arang tempurung kelapa merupakan bahan baku untuk industri arang aktif. Pembuatan arang tempurung ini belum banyak yang melakukannya, padahal potensi bahan baku arang tempurung kelapa, penggunaan arang tempurung kelapa dan potensi pasar arang tempurung kelapa cukup besar, baik untuk konsumsi rumah tangga lokal maupun untuk industri arang aktif, baik untuk penggunaan dalam negeri maupun penggunaan luar negeri.
Dari aspek teknologi, pengolahan briket arang tempurung kelapa relatif masih sederhana dan dapat dilaksanakan oleh usaha-usaha kecil. Keterbatasan modal, akses terhadap informasi pasar briket arang tempurung kelapa, serta kualitas yang belum memenuhi persyaratan merupakan kendala dan masalah dalam pengembangan usaha industri pengolahan briket arang tempurung kelapa.
Sebagai salah satu penghasil kelapa terbesar di dunia, Indonesia memiliki luas areal tanaman kelapa ada tahun 2000 mencapai 3,76 juta ha, dengan total produksi diperkirakan sebanyak 14 milyar butir kelapa, yang sebagian besar (95%) merupakan perkebunan rakyat. Ditinjau dari aspek ekonomi maupun sosial budaya, kelapa mempunyai nilai dan peran yang penting.
Pada umumnya pemanfaatan buah kelapa hanya daging buah kelapanya saja untuk dijadikan kopra, minyak dan santan untuk keperluan rumah tangga, sedangkan hasil sampingan lainnya seperti tempurung kelapa belum begitu banyak dimanfaatkan. Bobot tempurung kelapa mencapai 12% dari bobot buah kelapa. Dengan demikian, apabila secara rata-rata produksi buah kelapa per tahun adalah sebesar 5,6 juta ton, maka berarti terdapat sekitar 672 ribu ton tempurung kelapa yang dihasilkan. Potensi produksi tempurung kelapa yang sedemikian besar ini belum dimanfaatkan sepenuhnya untuk kegiatan produktif yang dapat meningkatkan nilai tambah, sekaligus meningkatkan kesejahteraan petani kelapa.
Dari aspek teknologi, pengolahan arang tempurung kelapa relatif masih sederhana dan dapat dilaksanakan oleh usaha-usaha kecil. Keterbatasan modal, akses terhadap informasi pasar dan pasar yang terbatas, serta kualitas serta yang belum memenuhi persyaratan merupakan kendala dan masalah dalam pengembangan usaha industri pengolahan arang tempurung kelapa.

Pengembangan lanjutan dari pengolahan arang tempurung kelapa adalah briket arang tempurung kelapa. Briket arang tempurung kelapa ini memiliki kalor yang tinggi dan menghasilkan panas yang bagus, sehingga briket arang tempurung kelapa cocok untuk industri makanan, dan industri-industri lainnya yang memerlukan pemanasan pada proses produksinya. Berbekal keunggulan-keunggulan yang dimiliki briket arang tempurung kelapa, menunjukkan bahwa pasar briket arang tempurung kelapa baik di dalam negeri maupun di luar negeri masih terbuka lebar. Negara-negara tujuan ekspor utama briket arangtempurung kelapa adalah Jepang, Korea Selatan, Taiwan, Malaysia, Norwegia, Inggris, Perancis, Jerman, RRC, Uni Emirat Arab dan Srilangka.

0 komentar:

Posting Komentar

Chit-Chat

Find Us on Facebook

Diberdayakan oleh Blogger.