Home » » PHT (pengendalian hama terpadu)

PHT (pengendalian hama terpadu)


Beberapa hari yang lalu aku bertanya-tanya, apa sebenarnya PHT itu. Eh, tak disangka-sangka buka-buka tumpukan buku di gudang ketemu buku “Agribisnis Cabai” terbitan PT Penebar Swadaya. Di situ dijelaskan konsep dan falsafah PHT. PHT
merupakan suatu konsep yang berusaha untuk mendorong, mengkombinasikan, dan memadukan beberapa macam komponen pengendalian untuk menekan populasi hama atau penyakit dan memperkecil kerusakan tanaman serta kehilangan hasil. Walaupun PHT tidak tergantung pada pestisida, tetapi PHT bukan konsep yang antipestisida sepanjang tidak mengganggu faktor pengendalian lainnya atau interaksinya. Dengan kata lain, dalam konsep PHT pestisida masih diperlukan, tetapi penggunaannya harus sangat selektif.
Nah, disini aku pingin berkomentar. Sepanjang masih menggunakan pestisida, maka sekecil apapun kerusakan yang ditimbulkan akibat matinya salah satu atau salah sepuluh komponen pembangun ekosistem lingkungan, akan menimbulkan dampak jangka pendek dan jangka panjang. Bisa jadi kedepannya akan terjadi lonjakan hama tertentu yang akan sulit dikendalikan karena predatornya ikut musnah waktu penggunaan pestisida di masa lampau. Ditambah lagi warisan revolusi hijau dalam bentuk tanah yang gersang dan akuifer yang kering merupakan satu alasan untuk beralih strategi yang sangat ramah lingkungan.
PHT yang menggunakan bahan-bahan organiklah yang menurutku adalah solusi yang dapat dipertanggungjawabkan kepada alam dan anak cucu kita. Penggunaan bahan-bahan organik sebagai pengendali hama ini sangat menguntungkan bagi petani.  Selain aman, bahan-bahan tersebut juga banyak terdapat disekitar kita. Cara penggunaannya pun mudah. Petani tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk PHT model ini.
Ntar deh aku pikir-pikir dulu PHT yang murah meriah ala Petani Tangguh

0 komentar:

Posting Komentar

Chit-Chat

Find Us on Facebook

Diberdayakan oleh Blogger.