Sudah berlangganan artikel blog ini via RSS Feed?

6/01/2011

BUNGA ANGGREK

Bunga anggrek sangat diminati oleh banyak kalangan, baik di dalam maupun di luar negeri. Akan tetapi tidak banyak orang yang tahu kualifikasi apa yang membuat bunga anggrek dinilai baik atau buruk terutama dalam penilaian dalam suatu kompetisi maupun harga jual yang bervariatif selain dari jenis tentunya. Bunga anggrek juga dapat dinilai dari langka tidaknya di alam maupun cepat tidaknya bunga anggrek itu tumbuh dan jarang tidaknya berbunga dalam rotasi hidupnya. Di bawah ini ada beberapa penilaian bunga anggrek yang dapat dijadikan panduan untuk menilai seberapa jauh keunggulan anggrek:

1. Bunga anggrek dengan bentuk bunga anggrek yang meliputi tiga unsur, yakni:
- Kebulatan bunga anggrek. Bunga bulat yang ideal ialah bunga yang jika ujung-ujungnya (sepal, petal, dan labellum) dihubungkan merupakan lingkaran, dengan titik pusat pada tiang.
- Kepenuhan bunga anggrek. Seberapa jauh ruang lingkaran yang menghubungkan ujung sepal, petal, dan labellum dipenuhi seoptimal mungkin?
- Kedataran bunga anggrek. Seberapa jauh kondisi sepal, petal, dan labellum dapat diletakkan dalam bidang datar?

2. Warna Bunga anggrek memperhatikan tiga unsur, yakni:
- Warna umum bunga anggrek. Warna idealnya adalah jelas, cerah, kuat, dan keseluruhannya menampakkan keselarasan dan keindahan. Namun, juga perlu diperhatikan warna-warna spesial atau langka yang tentu mendapatkan nilai tinggi.
- Warna sepal, petal bunga anggrek. Kriterianya hampir sama dengan penilaian warna umum bunga, tapi tidak dipandang secara keseluruhan, melainkan khusus cuma sepal dan petalnya.
- Warna labellum bunga anggrek. Seberapa jauh warna labellum lebih menonjol ketimbang warna sepal dan petal?

3. Karakteristik bunga anggrek yang meliputi enam unsur, yakni:
- Ukuran bunga anggrek. Yang dimaksud ukuran bunga adalah dimensi bunga dalam kaitannya dengan ukuran bunga normal.
- Tebal bunga anggrek. Ketebalan bunga dapat diraba dengan ibu jari dan jari telunjuk.
- Kehalusan bunga anggrek. Yang dimaksud kehalusan bunga adalah penampilannya yang terdapat pada permukaan bunga. Entah itu mampu memantulkan sinar (Bahasa Jawa: kemerlip), ada kristal-kristalnya, ada semacam lilin, ataupun adat beludrunya.
- Banyak bunga anggrek dalam tangkai. Seberapa jauh jumlah bunga dalam satu tangkai, atau jumlah dalam satu tanaman?
- Tangkai bunga anggrek. Penilaiannya bergantung pada tangkai yang kokoh, tumbuh tegak dan lurus ke atas, cukup panjang, selaras dengan bunganya, dan memposisikan bunga di tempat yang mudah dan indah dilihat.
Pada perdagangan internasional sebenarnya tidak ada aturan baku mengenai standar mutu, standar mutu lebih tergantung pada importir dari negara tujuan ekspor. Negara-negara tujuan ekspor memberikan syarat harus bebas dari OPT baik berupa hama, penyakit, maupun gulma. Importir menghendaki standar mutu/grade tertentu yang lebih dikaitkan dengan harga

Selera konsumen terhadap mutu bunga potong anggrek dipengaruhi dan ditentukan oleh produsen dan trend luar negeri. Pada saat ini anggrek yang dominan disukai masyarakat adalah jenis Dendrobium (34 %), diikuti oleh Oncidium Golden Shower (26 %), Cattleya (20 %) dan Vanda (17 %) serta anggrek lainnya (3 %). Pemilihan warna bunga anggrek yang dikonsumsi banyak dipengaruhi oleh maksud penggunaannya. Pada hari Natal warna bunga yang disukai didominasi oleh warna putih; pada hari Imlek disukai warna merah, pink dan ungu; untuk keperluan ulang tahun banyak digunakan warna lembut, seperti putih, pink, ungu, sedangkan untuk menyatakan belasungkawa umumnya digunakan warna kuning dan ungu.

Sekarang, terserah anda sebagai pencinta dan penghobi bunga anggrek untuk menentukan dan memutuskan, bunga anggrek mana yang cocok buat anda. Selamat menikmati bunga anggrek.

9 komentar:

  1. thanks informasinya...berguna bgt

    BalasHapus
  2. thanks infonya berguna nue :)

    BalasHapus
  3. Ini baru informasi bermanfaat bgt.thankss

    BalasHapus
  4. Emm Seperti itu ya. Bermanfaat ini :0
    JualAnggrek.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. koleksinya komplit ya..?
      jadi pingiiiii...nnnnnnnnnnnnnnn

      Hapus
  5. bunga anggrek emang cntik bgt ya , dan mempesona bgt juga ya

    BalasHapus
  6. berbagi itu indah, bunga-bunga juga indah

    BalasHapus
  7. Untuk memenuhi permintaan pasar, tentunya agar lebih menarik bunga anggrek harus di rangkai sedemikian rupa agar lebih sempurna... Tolong share dong, bagaimana cara merangkai anggrek agar kelihatan sempurna dan bunganya bisa bertahan lama

    BalasHapus

 

Bisnis Tambahan

Bisnis Tambahan
Kantor Kedua