Sudah berlangganan artikel blog ini via RSS Feed?

1/25/2010

Media Tanam

Media Tanam Pecahan Batu Bata atau Genteng
Media Tanam ini sangat baik sebagai tempat melekatnya akar, pengatur kelembapan sekitar akar, dan tempat menyimpan air serta larutan unsur hara. Selain itu, Media Tanam ini tidak mudah melapuk serta mempunyai drainase danaerasiyang cukup baik. Penempatan Media Tanam ini adalah di dasar pot dan mengisi 1/3 bagian pot. Dalam hal daya serap air, Media Tanam pecahan batu bata berdaya serap lebih besar daripada Media Tanam pecahan genteng. Cuma, Media Tanam pecahan batu bata lebih cepat ditumbuhi lumut dibandingkan dengan Media Tanam pecahan genteng. Jika media sudah ditumbuhi lumut, sebaiknya segera diganti dengan media tanam baru.



Media Tanam Pakis
Media Tanam  ini bersifat sukar melapuk, memiliki daya mengikat air yang baik, serta memiliki kemampuan aerasi dan drainase yang baik juga. Sebelum digunakan sebagai media tanam anggrek, sebaiknya pakis direndam terlebih dulu dengan larutan pupuk NPK.

Media Tanam Sabut Kelapa
Media Tanam  sabut kelapa mempunyai daya simpan air yang sangat baik serta unsur hara yang diperlukan tanaman. Media tanam ini relatif diperoleh dan harganyapun relatif murah. Jika ingin menggunakan kelapa sebagai media tanam, sebaiknya pilih sabut kelapa yang sudah dipotong-potong sesuai dengan ukuran pot. Kelemahan Media Tanam sabut kelapa mudah melapuk dan membusuk. kelemahan ini dikhawatirkan menjadi sumber penyakit. Sebelum digunakan, sebaiknya media sabut kelapa ke dalam larutan fungisida. Media tanam sabut yang tidak digunakan harus disimpan di tempat yang kering dan sejuk.

Media Tanam Arang Kayu
Media Tanam  ini mempunyai kemampuan mengikat air yang cukup baik. Namun, dibandingkan dengan Media Tanam sabut kelapa, kemampuan mengikat airnya masih kalah. Media arang kayu tidak mudah lapuk dan tidak mudah dirumbuhi cendawan dan bakteri, tetapi miskin unsur hara dan harganya relatif mahal. Media Tanam ini memiliki sifat buffer. Artinya, kesalahan pemupukan kelebihan dosis pupuk) masih bisa ditolerir. Sebelum digunakan, arang kayu sebaiknya direndam terlebih dulu ke dalam larutan pupuk NPK. Karena sitat media tanam arang kayu yang mudah berjamur, sebaiknya perendaman larutan pupuk juga dicampur dengan larutan fungisida. Dalam penyimpanannya, media arang bisa dimasukkan ke dalam karung dan disimpan di tempat yang kering.

Media Tanam Moss Kadaka
Media Tanam Kadaka merupakan tanaman marga paku-pakuan, bentuknya rumput. Tumbuhnya melekat di batang pohon besar di hutan-hutan. digunakan sebagai media tanam anggrek epifit maupun terestrial. Jenis  tanaman kadaka yang sudah lapuk mengandung unsur hara yang dibutuhkan anggrek. Media kadaka mempunyai sifat dapat mengatur kelembapan, sehingga tidak mudah mendatangkan busuk akar pada tanaman anggrek Media ini termasuk awet karena bisa digunakan selama 1 tahun. Media Tanam ini sudah banyak dijual, tetapi harganya relatif mahal. untuk mencegah serangan penyakit, sebelum digunakan, media direndam dalam larutan fungisida. Media Tanam yang tidak digunakan dimasukkan ke dalam karung dan disimpan di tempat yang kering.
Media Tanam


1 komentar:

 

Petani Herbal

Petani Herbal
Herbal Bondowoso