Home » » STOP BOROS MULAI SEKARANG

STOP BOROS MULAI SEKARANG

Kehidupan kita sehari-hari sering kali melakukan pemborosan. Mau bertahan berapa lama lagi bumi ini kalo kita terus melakukan pemborosan yang tentu saja akan merusak lingkungan.
Ayo mulai sekarang kita berhemat, caranya:
 Usahakan jangan meninggalkan alat elektronik dalam keadaan menyala atau standby, hal itu ternyata masih mengkonsumsi listrik.
 Jangan lupa matikan lampu kalo tidak dipakai.
 Jika memiliki alat penghisap debu, jangan lupa bersihkan saringannya sesering mungkin, karena saringan yang tersumbat menyebabkan motor bekerja lebih berat sehingga menggunakan lebih banyak listrik.
 Bila membeli kulkas, mesin cuci atau oven, pilih model yang paling hemat energi yang mampu anda beli.
 Nyalakanlah pemanas air listrik untuk mandi beberapa saat sebelum digunakan dan segera matikan bila tidak dipakai lagi.
 Pasanglah alat penangkap tenaga matahari di atap rumah, jadikan rumah anda sumber tenaga kehidupan.
 Pintu lemari es harus ditutup rapat dan hanya dibuka seperlunya, mengurangi mesin bekerja lebih berat yang akan menghemat listrik.
 Bersihkan kondensor kulkas dan AC secara teratur mengurangi mesin bekerja lebih berat yang akan menghemat listrik.
 Matikan AC bila ruangan tidak digunakan, atur suhunya sesuai kebutuhan (sebaiknya tidak lebih dingin 5 derajat dari suhu luar), karena semakin dingin suhu semakin banyak energi listrik yang diperlukan. Serta hindari terjadinya kebocoran udara dari luar.
 Gunakanlah mesin cuci bila cucian banyak, sesuaikan kapasitas serta isi air sesuai petunjuk, mengurangi mesin bekerja lebih berat yang akan menghemat listrik. Hindari pula penggunaan pengering listrik, gunakan panas matahari untuk pengeringan secara alami.
 Bersihkanlah bagian bawah setrika dari kerak/kotoran, atur setrika listrik, sesuai dengan tingkat panas yang diperlukan, mengurangi mesin bekerja lebih berat akan menghemat listrik. Sebaiknya gunakan setrika otomatis karena lebih hemat listrik.
 Gunakan air secukupnya.

TERIMAKASIH TELAH IKUT MEMPERPANJANG UMUR BUMI!!!

2 komentar:

  1. yuuuffssssss
    thanks buat tipsnya ya :).
    semoga bermanfaat

    BalasHapus
  2. thanks buat tipsnya yach bermanfaat sekali :)

    BalasHapus

Chit-Chat

Find Us on Facebook

Diberdayakan oleh Blogger.